Ini Dia, Game yang Bisa Mengasah Kecerdasan Finansial Kamu

JAKARTA – Proses belajar nggak harus selalu didapat lewat membaca buku saja loh. Begitu juga dalam belajar keuangan. Literasi keuangan sangat dibutuhkan oleh semua orang, tidak hanya para orang dewasa, tapi juga remaja dan anak-anak.

Untuk menarik minat masyarakat untuk belajar literasi keuangan, terutama pada remaja dan anak-anak, ada beberapa game atau permainan yang bisa dicoba untuk mengasah kecerdasan finansial kamu.

Selain menjadi sarana pembelajaran, game tersebut bisa jadi salah satu cara untuk menghindari kebosanan dalam belajar dan juga menjadi media hiburan yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan.

Apa saja sih game yang bisa bantu asah kecerdasan finansialmu? Yuk kita simak ulasan berikut:

Monopoli

Siapa yang tidak tahu permainan satu ini, permainan monopoli? Dahulu, game monopoli disajikan dalam bentuk papan kertas yang dilengkapi dengan uang mainan. Namun seiring perkembangan teknologi, kini monopoli sudah bisa dinikmati juga secara digital melalui PC atau laptop, atau pada smartphone kamu.

Tanpa disadari, ketika kamu bermain monopoli, kamu bisa belajar banyak hal tentang finansial serta dampaknya di berbagai situasi. Beberapa hal yang bisa kamu pelajari adalah memahami cash flow atau arus kas dari pendapatan milikmu, bernegosiasi dengan orang lain terkait properti, bahkan bisa belajar memahami investasi.

BACA JUGA : Apa Itu Pokemon TCG atau Trading Card Game?
 

Cash Flow

Melalui game ini, kamu bisa belajar membedakan aset dan utang, serta bisa juga belajar seputar fungsi investasi. Selain itu, kamu bisa mengasah kemampuan mengelola keuangan pribadimu dengan mempelajari prinsip-prinsip dasar akuntansi pada game ini.

Board game yang satu ini dianggap sebagai permainan yang memiliki nilai edukasi dan pengajaran seputar finansial yang amat tinggi dan baik. Kamu bisa menyesuaikan tingkat kesulitan game ini dengan usia dan juga kemampuan para pemainnya.

Game of Life & The Sims

Permainan yang satu ini bisa dibilang ‘sebelas dua belas’ dengan Monopoli, dan banyak yang beranggapan bahwa game yang satu ini relatif lebih sulit. Untuk bisa memenangkan game ini, kamu harus mengumpulkan kekayaan yang sebesar-besarnya.

Kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan, seperti pendidikan, karir, memiliki anak, ataupun saat kehilangan pekerjaan sekalipun. Game ini juga mirip dengan game The Sims, yang juga menawarkan permainan simulasi kehidupan yang bisa dibilang relate dengan kehidupan di dunia nyata sebenarnya.

Harvest Moon: Back to Nature

Kamu milenial? Pasti nggak asing dengan game satu ini. Yah, Harvest Moon: Back to Nature! Game yang satu ini bisa mengajarkan kamu dalam mengelola rumah dan tanah yang kamu miliki, mulai dari beternak hewan, ataupun memulai usaha pertanian. Game ini lebih mengasah kemampuanmu dalam berbisnis dan juga mengelola pendapatanmu.

Nah, dari deretan di atas, game mana yang jadi favorit kamu nih? Yuk, berikan komentarmu di bawah, ya!

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *